Indie Lagu :: Lagu Tarbaru

Tuesday, February 19, 2008

Aplikasi Gratis Kamus Inggris - Indonesia

Pada sistem operasi Windows, aplikasi kamus yang cukup terkenal adalah Linguist. Aplikasi ini sebenarnya bisa diinstal juga pada sistem operasi Linux dengan bantuan aplikasi wine.

Menurut saya, kelemahan dari Linguist yang saat ini beredar diantara kita adalah tidak adanya kemampuan untuk menambah data, padahal ini adalah fitur yang penting, mengingat database Linguist bukanlah database yang lengkap.

Aplikasi Kamus Gratis pada BLOG ini dibuat dengan tujuan sebagai aplikasi pembantu untuk mencatat kata baru yang saya temui ketika sedang membaca buku / artikel dalam bahasa Inggris. Cara saya memanfaatkan aplikasi ini adalah sebagai berikut : ketika ada kata baru yang saya temui, saya akan membuka buku kamus Inggris-Indonesia karangan John M. Echols dan Hassan Shadily, kemudian memasukan arti dari kata tersebut kedalam aplikasi ini. Dengan cara seperti ini, sangat membantu saya dalam memahami teks bahasa Inggris, karena dari pengamatan saya, kata-kata tersebut memiliki kecenderungan untuk muncul beberapa kali. Selanjutnya jika ada kata yang asing bagi saya, maka saya akan mencari dulu memanfaatkan fasilitas pencarian di dalam aplikasi ini, jika tidak ditemukan baru saya membuka buku kamus. Sebenarnya saya bisa saja mencari arti menggunakan bantuan aplikasi Linguist, namun penjabaran arti kata yang disediakan oleh Linguist tidak selengkap yang terdapat dalam buku kamus.

Aplikasi ini saya buat menggunakan aplikasi openoffice base, oleh karena itu untuk bisa menggunakan aplikasi ini, dikomputer anda sudah harus terinstal openoffice base.

Informasi lebih lanjut, silahkan baca info aplikasi ini dan download aplikasinya.

Selamat Mencoba


1 comment:

Galayman said...

coba :
http://www.sms-anda.com/indonesia/terjemahan/kamus-inggris-atau-indonesia.php
ini kamus bahasa indonesia inggris gratis