Indie Lagu :: Lagu Tarbaru

Monday, April 20, 2009

Dialog Anak Sekolah Di Ambon


Potongan Dialog

Beta bisa pinjam ale pung buku ? (ada juga yang mengucapkan "Pinjang")
Dapatkah saya meminjam buku kamu ?

"Do" => "Dong"
Kasi ale pung buku do ..
Tolong berikan bukumu dong ...

"e" => "yah"
dimanae -> dimana yah ?
makang apae -> makan apa yah ?
baca apae -> baca apa yah ?

"Tu" => "itu loh"
Beta pung pinsil dimanae ?
Pensil saya dimana yah ?
ada dimuka ale tu ...
ada di depan kamu itu loh ..
.
"Tu" => "sih"
Ale ada biking apa tu ?
kamu lagi ngapain sih ?

"Tu" =>"Itu"
Ale bisa tolong ambe (akang) pena tu .. (akang adalah kata penunjuk)
Dapatkah kamu ambilkan pena itu ?

Sambil menunjuk ke suatu barang ...
Ale bisa tolong ambe akang ? (akang menunjuk ke benda yang hendak diambil)
Dapatkah kamu mengambilnya (untuk saya) ?

Ale ada biking apa skali tu ?
kamu lagi sibuk apa sih ?

"Do" => "dong"
Tolong lempar akang do ...
Tolong lemparkan itu dong (ke saya) ... atau
Tolong berikan itu (ke saya) dengan cara melempar

Ale ada tulis apa ..
kamu sedang menulis apa...

Beta pung pena ada di sak muka Tas...
Pena saya ada di tas bagian depan

Beta pung pena seng makang...
Pena saya sudah tidak jelas

Beta pung pena su seng makang lai e...
Pena saya sudah tidak jelas lagi

Katong pulang jam barapa ni ?
Kita pulang jam nih ?

Beta pena, akang su ilang .. (akang disini menunjuk ke kata pena)
Pena saya sudah hilang

Ibu guru itu paleng carewet anae .. (anae -> sekali)
Ibu guru itu sangat cerewet sekali

Dia paleng pambodo anae ..
Dia sangat bodoh

Jang tidor dalang klas ..
Jangan tidur di dalam kelas

Ale dapa lia beta pung pena ?
Kamu lihat tidak pena saya ?

Setelah nulis dialog pendek ini ... jadi mikir sendiri tentang gramatik dari bahasa Ambon. Kok susah sekali yah untuk menjabarkannya.. Padahal menurut saya akan lebih enak kalau saya bisa menjelaskan bahasa Ambon menggunakan gramatik sehingga mudah diikuti.

Tulisan saya menggunakan gaya bahasa umum (kalau pinjam isitilah dalam bahasa Jerman disebut Umgangssprache) yang sering dipakai dipergaulan sehari-hari. Menggunakan Umgangssprache dan mencoba membangun gramatik, menurut saya adalah pekerjaan yang sulit. Mohon maaf nih untuk teman-teman yang mengikuti seri bahasa Ambon. Namun harapan saya, mudah-mudahan ada sesuatu yang bisa teman-teman pelajari dari apa yang bisa saya sampaikan.