Indie Lagu :: Lagu Tarbaru

Thursday, June 19, 2014

LibreOffice: German Autospellcheck

LibreOffice adalah aplikasi office yang saat ini saya pakai sehari-hari, yang mirip dengan Microsoft-Office - aplikasi office yang dulu sekali saya kenal; karena mempunyai paket Writer (yang mirip Microsoft Word), paket Spreadsheet (yang mirip Microsoft Exel), dan paket Presentation (yang mirip Microsoft Powerpoint). Pada artikel ini, saya mau berbagi cerita tentang cara mengaktifkan fasilitas autospellcheck untuk bahasa Jerman pada paket WRITER. 

Fasilitas autospellcheck adalah salah satu fasilitas penting, pada paket WRITER, yang membantu saya mengecek kesalahan ketik sebuah kata berbahasa Inggris. Untuk itu, ketika saya menginstall LibreOffice, saya memilih bahasa Inggris sebagai bahasa standart yang digunakan; oleh karenanya fasilitas autospellcheck standart terinstal adalah juga untuk bahasa Inggris. 

Hari ini saya mencoba mengubah autospellcheck ke bahasa Jerman. Namun sayangnya, langkah-langkah berikut ini gagal: 

  1. buka: Tools -> Option -> Language Setting -> Language -> Western, lalu
  2. pilih: "German".  

Untung saja ada artikel yang menunjukkan dengan jelas langkah-langkah, yang harus saya lakukan agar dapat mengaktifkan autospellcheck berbahasa Jerman.  Setelah mengikuti artikel tersebut, akhirnya saya berhasil mengaktifkan autospellcheck berbahasa Jerman.


No comments: