Indie Lagu :: Lagu Tarbaru

Saturday, April 25, 2009

Kualitas Audio Di Youtube Memburuk

Hari ini saya mencoba meng-upload lagi Video di Youtube. Akhirnya saya menemukan kenyataan bahwa Youtube habis-habisan mengurangi kualitas suara dari Video yang kita upload. Mungkin juga kualitas Video tapi mata saya kurang melihat perbedaan itu. Kalau menurut analisa saya hal ini disebabkan karena Youtube mencoba mengurangi ukuran file yang disimpan di Servernya.

Saya sampai dikesimpulan ini karena saya meng-upload dua file yang sama di dua server yang berbeda, Youtube dan Video Yahoo. Silahkan bagi teman-teman yang ingin membuktikan hal tersebut bisa melihat Video lagu Pop saya yang bertemakan Cinta dengan judul Rapuh Tanpa Cinta di Youtube dan di Yahoo.

Saran saya (saat ini) kalau memang teman-teman ingin meng-upload Video dengan kualitas Audio yang bagus gunakan saja Yahoo. Namun kelemahannya adalah teman-teman akan kekurangan jumlah orang yang akan melihat Video itu, karena pengguna Yahoo Video masih jauh sangat sedikit dibandingkan Youtube. Jadi kalau boleh disimpulkan Video yang cocok di upload di Yahoo itu, Video pribadi kita yang hanya untuk menjadi koleksi pribadi dan tidak ditujukan untuk dilihat oleh sebanyak-banyaknya orang.

Jika ingin tetap mendapat kunjungan yang banyak tanpa mengecewakan mereka dengan kualitas Audio Video kita, strateginya adalah tetap meng-upload di Youtube dan memberikan komentar bahwa Video yang sama dengan kualitas yang lebih bagus bisa ditemukan di Account teman-teman yang di Yahoo.

Tulisan ini didasarkan atas pengalaman saya jadi ada baiknya teman-teman coba saja dulu tetap meng-upload Video di Youtube, kalau memang Audionya masih oke-oke saja, yah berarti anda beruntung. Namun kalau terbukti kualitasnya jelek, mungkin solusi yang saya bagikan disini bisa menjadi salah satu pilihan.

Selamat Meng-upload ria ...

No comments: