Indie Lagu :: Lagu Tarbaru

Monday, May 18, 2009

Mutasi Terdistribusi Seragam

Mutasi adalah proses berubahnya nilai Gen, allel, di dalam kromosom. Proses ini mengadopsi fenomena yang terjadi di alam dimana oleh karena faktor luar, seperti radiasi, Gen dapat berubah. Namun dalam prakteknya, proses mutasi jarang digunakan di dalam algoritma genetik karena untuk menghindari perubahan kromosom yang telah memiliki nilai fitness yang bagus.

Teknik umum yang digunakan dalam proses mutasi adalah memilih acak kromosom dan melakukan modifikasi Gen pada kromosom tersebut. Terdapat beberapa tipe mutasi, mutasi mana yang akan digunakan sangat tergantung dari jenis pengkodean kromosom (contoh: Binary Encoding, Value Encoding, dll) seperti yang sudah dibahas pada topik mengenal algoritma genetik

Mutasi terdistribusi seragam (Uniform distribution mutation) adalah proses mutasi yang bisa digunakan untuk binary encoding dan real value encoding. Teknik yang digunakan dalam metode ini adalah dengan menambahkan nilai tertentu ke nilai Gen yang ada saat ini.

Mutasi Pada Binary Encoding

Metode ini disebut Bit inversion. Berikut ini algoritma metode ini pada kromosom dengan panjang n:

1. Tentukan secara acak Gen p yang akan termutasi di mana 1 <= p <=n 2. Ubah Gen tersebut dengan persamaan: Xp = 1 - Xp

Contoh


Contoh ini menggunakan kromosom dengan panjang 11

Kromosom mula-mula : 1 0 0 1 0 0 1 0 0
p .................: ... x
Kromosom termutasi : 1 0 1 1 1 0 1 0 0

Mutasi Pada Real Value Encoding

Ide dasar dari metode ini adalah menambahkan nilai tertentu pada Gen yang akan dimutasi. Seperti pada metode sebelumnya, Gen yang akan dimutasi dipilih secara acak.

Xp = nilai_random + Xp

Contoh:

Nilai random ......: -0.4
Kromosom mula-mula : 4.0 1.6 -0.3 7.8 2.1 5.3 -8.2 -4.4 0.1
p .................: x
Kromosom termutasi : 3.6 1.6 -0.3 7.8 2.1 5.3 -8.2 -4.4 0.1

No comments: