Indie Lagu :: Lagu Tarbaru

Wednesday, April 29, 2009

Mengenal Evolusi

Ide dibalik algoritma genetik sangat berhubungan erat dengan evolusi, sehingga penting bagi kita untuk mengenal Evolusi.

Evolusi adalah proses perubahan genetik dari populasi organisme tertentu dari generasi ke generasi. Proses ini berjalan dengan perlahan dan akan terus terakumulasi ke generasi yang baru. Jika kita memperhatikan orang tua dan anaknya, pada umumnya dengan cepat dapat kita melihat adanya kemiripan. Sebagai contoh bagi teman-teman yang sudah mengenal saya dan suatu saat ketemu dengan anak saya, mungkin akan merasa bahwa sudah pernah mengenal orang ini karena ingatan akan saya. Namun jarang terjadi kalau kita bisa mengetahui seseorang adalah cucu dari orang yang pernah kita kenal.


Prinsip dasar dari proses evolusi adalah pewarisan gen dari generasi ke generasi. Gen yang diwarisi ini tidak mutlak sama namun akan terjadi variasi gen yang disebut dengan istilah traits. Lebih lanjut evolusi adalah perpaduan dari dua proses, proses yang memang secara konstan menyebabkan perubahan (proses mutasi gen) dan proses yang menyebabkan suatu traits akan lebih berpengaruh dibandingkan traits yang lain (proses transfer gen dari generasi ke generasi). Pada spesies yang bereproduksi lewat hubungan seks (misal manusia), variasi yang terjadi adalah rekombinasi gen.

Dua mekanisme yang sangat menentukan suatu variant gen akan eksis atau jarang di dalam populasi adalah natural selection dan genetic drift. Pada natural selection, traits yang mendukung organisme untuk bertahan dan berkembang biak akan lebih banyak ditemukan di dalam suatu populasi sedangkan traits yang menyebabkan hal negatif akan menjadi semakin jarang. Hal ini cukup beralasan terjadi. Oranisme yang memiliki traits yang bagus akan cenderung berkembang biak dengan banyak sehingga akan memenuhi populasi. Genetic drift adalah proses yang menyebabkan perubahan di dalam traits yang kemunculannya paling banyak di dalam populasi. Perubahan ini mungkin saja karena disebabkan proses adaptasi terhadap lingkungan maupun karena proses reproduksi.

Evolutionary biologist mendokumentasikan kenyataan bahwa telah terjadi evolusi dan sekaligus membangun "tes teori" yang menjelaskan penyebab terjadinya evolusi. Pembelajaran tentang evolutionary biology dimulai pada pertengahan abad 19 ketika studi tentang fosil dan keanekaragaman makhluk hidup mempu meyakinkan para ilmuan bahwa spesies selalu berubah dari waktu ke waktu. Namun pada waktu itu mekanisme tentang penyebab terjadinya perubahan tidak jelas diungkapkan sampai dikemukakannya teori natural selection oleh Charles Darwin dan Alfred Wallace pada tahun 1859. Pada tahun 1930, teori ini kemudian dikombinasikan dengan teori Medelian inheritance sehingga membentuk ide baru tentang evolusi. Ide ini menggabungkan antara gen dan natural selection dan telah menjadi prinsip utama dari biologi modern yang menyediakan penjelasan tentang keanekaragaman hidup di bumi.

Lihat referensi: 1


No comments: