Indie Lagu :: Lagu Tarbaru

Saturday, May 2, 2009

Wikipedia & Audio Book

Buku bersuara (Audiobook) adalah representasi dari buku tertulis. Isi dari Audiobook adalah suara dari pembaca profesional yang membaca ulang isi dari buku tertulis. Hal ini sungguh menyenangkan karena jika kita ingin mengetahui isi dari sebuah buku, cukup mendengarkan dan tidak perlu dibaca.

Terdapat dua jenis audio books: non-interactive dan interactive audio book. Berikut ini adalah perbandingan dari kedua buku tersebut:

Non-interactive Audiobook
  1. konten audio di dalam buku ini bersifat tetap
  2. Tipikal penggunaan buku ini adalah mendengarkan konten audio dari bagian awal sempai dengan bagian akhir
Interactive Audiobook : Pembaca dapat berinteraksi dengan buku selama proses pembacaan yang menyebabkan pembaca dapat menentukan jalan cerita dari isi buku yang yang dibacakan.

Implementasi nyata dari interactive audiobook adalah pada aplikasi game di mana pemain game dapat mengikuti jalan ceritanya dan sekaligus melakukan interaksi dengan game engine. Interaksi yang berbeda akan menghasilkan jalan cerita yang berbeda juga. Sebagai contoh: kita memainkan game petualangan, di mana kita diperhadapkan dengan dua situasi, mau melewati hutan yang ada Harimau langka yang selalu haus akan daging manusia atau melewati gua yang dihuni oleh seekor Naga. Jika kita memilih melewati hutan maka jalan cerita yang didengarkan dari audiobook akan berbeda dengan jalan cerita jika kita memilih melewati gua.

Teknik yang bisa digunakan untuk membuat interactive-audiobook adalah menggunakan story board berupa tree di mana di dalam tree ini terdapat beberapa nodes: narative node (node warna hijau), interactive node (node warna biru) dan termination node. Terdapat juga links dari tree yang menandakan koneksi antar nodes. Pada narative node, kita hanya bisa mendengarkan dan tidak bisa melakukan interaksi namun pada saat interactive node, kita bisa melakukan interaksi.



Sebagai informasi saja, saat ini Wikipedia sudah menerapkan Audiobook di mana kita bisa mengetahui informasi dari Wikipedia hanya dengan mendengarkan. Salah satu tema di Wikipedia yang sudah menggunakan fasilitas ini adalah Evolusi (lihat dibagian bawah, sebelah kanan)

Referensi:
Prof. Dr. Masuch, Sound and Music, Mutimedia System WS 2008/2009, UDE Germany, 2009


No comments: